Categories
Rumah

AC Inverter vs Rendah Watt Mana yang Lebih Hemat Listrik Bagian 2

Mana yang lebih ekonomis?

Jawaban pertanyaan ini cukup sulit. Secara harga, AC inverter memang lebih tinggi. Harga AC inverter merek Sharp misalnya berada pada kisaran Rp 4 juta- Rp 7jutaan. Sementara itu harga AC rendah watt merek yang sama harganya sekitar Rp 3-5 jutaan.

Baca juga : Distributor genset 500 Kva di Balikpapan

Namun, karena inverter lebih bsia menghemat daripada rendah watt, ujung-ujungnya anda bisa melakukan banyak penghemataan energi dan biaya listrik. apalagi jika AC digunakan dalam durasi waktu yang lama, inverter jelas jadi pilihannya. Sementara jika anda hanya menyalakan AC 2-3 jam saja sehari, AC rendah watt bisa menjadi pilihan yang tepat.

Jika anda sering mematikan dan menyalakan AC, penggunaan inverter tidak tepat karena malah bsia membuat energi yang digunakan lebih boros. Anda lebih baik memilih AC rendah watt, jika anda sering meyalakan dan mematikan AC.

Agar Ac Hemat Energi

Meskipun sudah memiliki AC yang hemat energi, jika penggunaannya salah, bisa mengakibatkan AC tetap menghabiskan banyak energi. Begini cara penggunaan yang dianjurkan.

1. Pilihlah AC yang sesuai dengan luas ruangan Anda, kapasitas AC yang tidak sesuai dengan ruangan Anda dapat menyebabkan AC tidak bekerja secara efisien dan meningkatkan tagihan listrik Anda.

2. Atur suhu pada 25°C atau senyaman mungkin untuk Anda. Makin rendah suhu yang diatur, makin besar energi listrik yang dibutuhkan.

3. Gunakan timer dan pertimbangkanlah untuk mematikan AC 1 sampai 1,5 jam sebelum Anda bangun di pagi hari untuk mencegah tAnda kedinginan saat bangung.

4. Bersihkanlah saringan udara secara teratur dan lakukanlah servis berkala setiap 3 atau 4 bulan sekali.

Tip Menggunakan Ac

Walaupun sudah memiliki AC low watt dan inverter, untuk dapat merasakan manfaatnya, AC harus digunakan sesuai dengan luas ruangannya. Jika ruangan terlalu luas, maka AC tersebut akan bekerja di luar kemampuannya dan akhirnya daya yang dikonsumsi akan sama dengan AC tipe standar. Akan lebih baik jika ruangan lebih kecil daripada kapasitas AC–nya, sehingga unit akan bekerja tetap optimal tetapi daya yang digunakan akan sangat minimal.

Inverter Pada Lemari Es Apakah Cara Kerja Teknologi Inverter Dan Rendah Watt Pada Lemari Es Sama Dengan Ac?

Kerja inverter pada lemari es kurang lebih hampir sama dengan teknologi inverter pada AC; kompresor tidak akan pernah mati (non-aktif). Kompresor hanya stand by dengan konsumsi energi yang jauh lebih rendah untuk menjaga kestabilan suhu lemari es.

Bagaimana Cara Menghemat Listriknya?

Cara untuk melakukan penghematan pada lemari es pada intinya adalah menghindarkan perubahan suhu yang drastis. Jangan terlalu sering buka tutup lemari es, jangan memasukkan makanan bersuhu panas, jangan memasukkan makanan terlalu penuh dan jangan menaruh lemari es di tempat yang terkena atau dekat sumber panas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *