Categories
Rumah

AC Inverter vs Rendah Watt Mana yang Lebih Hemat Listrik

Besarnya daya yang dibutuhkan AC membuat produsen menyediakan AC inverter dan rendah watt. Apa bedanya? Apa sih inverter? Katanya kalau pakai model ini, bisa lebih hemat ya? Itu adalah pertanyaan yang sering didengar dari orang yang akan membeli AC dengan embel-embel hemat energi. Teknologi inverter memang menghiasi hampir semua peranti AC masa kini. namun sebenarnya, ada satu teknologi lagi yang sudah lama ditanamkan di banyak AC, yakni teknologi rendah watt.

Baca juga : Jual genset Bali

Beda kompresor

Menurut Darma Effendy, manager product planning division SHARP, perbedaan inverter dan rendah watt terletak pada cara kerja kompresornya. Kompresor AC tipe rendah watt memiliki cara kerja yang sama dengan tipe AC standart, namun kompresor tersebut dibuat dengan daya yang lebih rendah. Ketika suhu ruangan dirasa panas oleh sensor pada unit AC, kompresor akan aktif secara otomatis, sehingga suhu ruangan mencapai suhu yang ditentukan. Ketika suhu ruangan sudah mencapai suhu yang ditentukan, kompresor akan mati. Setelah beberapa lama, suhu ruangan panas kembali dalam beberapa menit, sehingga kompresor akan aktif kembali. Begitu yang terjadi seterusnya.

Sementara inverter berbeda cara kerjanya. Jika pada AC biasa dan rendah watt kompresor mati ketika suhu ruangan sudah tercapai dan menyala ketika suhu ruangan meningkat, teknologi inverter bekerja lebih stabil. Ia akan terus menjaga suhu tetap stabil sehingga kompresor tidka nyala-mati. Kompresor yang menyala tentu membutuhkan energi listrik yang besar. Dengan stabilnya kompresor, otomatis penggunaan listrik menjadi lebih hemat sampai dengan 60 persen dibandingkan AC rendah watt.

Mana yang lebih dingin

Karena AC fungsinya mendinginkan, pertanyaan selanjutnya adalah mana yang lebih dingin?

Menurut Darma Effendy, pada AC inverter, waktu yang dibutuhkan untuk mencapai suhu yang diinginkan akan lebih cepat dari pada AC rendah watt. Ini disebabkan jenis kompresor yang digunakan AC inverter memiliki kekuatan lebih baik dibandingkan AC rendah watt. Karena waktu mendapatkan suhu dingin lebih cepat, membuat AC inverter terasa lebih dingin ketimbang AC rendah watt.

Walaupun kompresor AC inverter bisa dmendingkna lebih cepat, ia bekerja lebih tenang dibandingkan kompresor AC rendah watt. Itu sebabnya , AC rendah watt cenderung lebih berisik daripada AC inverter.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *