Categories
Pendidikan

Biaya Tes TOEFL & 4 Materi Tes TOEFL Untuk Diketahui

Test Of English as a Foreign Language merupakan sebuah tes kemampuan bahasa Inggris bagi seseorang yang berasal dari negara tidak berbahasa utama bahasa Inggris.

Tes ini digunakan untuk syarat masuk universitas atau pun untuk melamar pekerjaan,dimana Anda dapat mempelajarinya di English Bridge.

Universitas di wilayah Amerika Serikat, Kanada, seluruh Eropa dan Autralia menggunakan tes yang dikelola oleh Educational Testing Service (ETS) Amerika Serikat ini sebagai salah satu persyaratan masuk. Digunakan pada semua jenjang, dengan standar nilai yang berbeda.

Tes TOEFL memiliki beberapa jenis berdasarkan kelengkapan materi(biaya tes TOEFL, materi tes TOEFL) dan teknis-teknis pengerjaannya, seperti TOEFL PBT (Paper Based Test), TOEFL CBT (Computer Based Test), dan TOEFL iBT (internet Based Test).

Jenis yang kini umum digunakan adalah TOEFL iBT. Materi(biaya tes TOEFL, materi tes TOEFL) yang ada di dalam soal TOEFL iBT adalah grammar structure and written expression, listening comprehension, reading comprehension, dan writing.

1. Pada bagian soal reading

Soal berisi beberapa teks yang masing-masing terdiri dari 700 kata atau lebih. Berdasarkan teks bacaan tersebut, akan diberikan sebanyak 12-14 soal. Soal tersebut harus dikerjakan dalam waktu 60-100 menit.

2. Pada bagian soal listening

Akan terdapat sebuah rekaman percakapan yang harus didengarkan peserta. Rekaman percakapan tersebut akan membahas sebuah isu yang biasanya tidak jauh dari hal-hal akademis. Selanjutnya akan ada 5-6 soal pertanyaan yang harus dijawab dalam waktu 60-90 menit.

3. Pada bagian soal speaking

Peserta diminta untuk menunjukan kecapakan berbicara dalam bahasa Inggris. Pertama-tama, peserta tes harus bisa berbicara secara spontan untuk menanggapi isu atau sebuah topik yang diberikan. Selanjutnya, peserta juga akan diminta untuk membaca sebuah teks bacaan dengan benar dan menarik. Durasi waktu yang digunakan dalam sesi ini adalah sekitar 20 menit.

4. Pada bagian soal writing

Peserta diminta untuk dapat menulis sebuah gagasan. Pertama, peserta harus menulis sebuah kesimpulan dari premis-premis yang diberikan. Selanjutnya, peserta juga harus dapat menulis sebuah esai mengenai isu tertentu yang nantinya diberikan. Waktu yang digunakan dalam sesi ini adalah sekitar 50 menit.

Berapakah Biaya Pendaftaran Test TOEFL?

Meskipun tes TOEFL sudah sangat umum digunakan sebagai syarat, sayangnya tes ini memang masih belum digratiskan. Hal tersebut karena penilaiannya akan melibatkan pihak-pihak berlisensi khusus.

Walaupun begitu, ungtungnya biaya tes TOEFL dan materi tes TOEF yang dikenakan tidak terlalu tinggi atau masih sangat terjangkau bagi masyarakat Indonesia.

Biaya tes TOEFL dan materi tes TOEFL saat mengikuti TOEFL sendiri akan berbeda-beda. Hal tersebut akan bergantung pada jenis TOEFL yang diambil, tujuan penggunaannya, hingga fasilitas tempat tes yang diambil.

Tes yang dilakukan secara mandiri atau penjadwalan khusus akan lebih mahal. Sementara itu, tes TOEFL yang dilakukan secara bersama-sama atau dalam acara tertentu akan jauh lebih murah.

Umumnya, untuk mendaftar dalam tes TOEFL kamu akan dikenai biaya kurang dari 1 juta. Meskipun begitu ada beberapa lembaga kursus yang menawarkan harga hingga dua kali lipat dan ada juga yang menawarkan hingga 100 ribu saja.

Yang perlu diperhatikan adalah kredibilitas panitia atau penyelenggara tes TOEFL tersebut dan juga penggunaan sertifikat yang nantinya keluar. Ada beberapa tes TOEFL yang hanya digunakan untuk persyaratan tertentu, seperti melamar pekerjaan hanya di dalam negeri, mendaftar hanya di universitas dalam negeri, dan lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *