Categories
Berita

 Cara Sederhana Mengatasi Penyakit Gondongan

Mungkin sebagian dari kita belum tahu dan bertanya. “Apa itu penyakit gondongan?”

Penyakit gondongan adalah penyakit yang disebabkan oleh infeksi virus bernama Paramyxovirus

Dan seringkali orangtua kita terdahulu mengobati penyakit gondongan dengan blau yaitu jenis sabun cuci yang berwarna biru biasa digunakan untuk memutihkan pakaian.

Sebenarnya ini hanya mitos belaka dan blau tidak bisa membantu mengobati penyakit gondongan.

Orangtua kita terdahulu mencampurkan blau dengan cuka kemudian mengoleskannya ke bagian yang membengkak.

Ini dilakukan supaya si anak malu untuk bermain keluar rumah karena terlihat menggunakan bedak berwarna biru dan akhirnya terpaksa untuk tetap beristirahat di dalam rumah.

Sekarang kita akan membahas cara yang benar dan ampuh untuk mengatasi penyakit gondongan..

Berikut ini adalah cara-cara sederhana yang paling ampuh untuk mengatasi penyakit gondongan yang bisa Anda lakukan dirumah, diantaranya:

  1. Istirahat cukup didalam rumah

Untuk meningkatkan kembali kekebalan tubuh si anak dan juga untuk mencegah terjadinya penularan penyakit ke teman-temannya alangkah baiknya anak kita beristirahat dan mengurangi kegiatan di luar rumah.

Ini juga sesuai dengan penelitian yang dilakukan oleh Center for Disease Control and Prevention (CDP) bahwa dengan beristirahat cukup dapat mengatasi penyakit gondongan.

Selain badan yang beristirahat cukup, untuk mempercepat pembengkakan memulih si anak juga disarankan untuk tidak banyak berbicara agar otot-otot sekitar kelenjar parotis yang membengkak dapat beristirahat dan mengurangi rasa sakit.

  1. Memilih sumber makanan

Disarankan untuk memberikan makanan yang lunak seperti sup, bubur, atau yogurt.

Selain karena makanan keras dapat membuat si anak terasa sakit saat mengunyah, ternyata memilih makanan yang lunak juga akan mengurangi risiko pembengkakan lebih lanjut dari penyakit gondongan.

  1. Meminum banyak air putih

Anak yang terkena penyakit gondongan biasanya jadi kehilangan nafsu makan bahkan minum sekalipun karena terasa sakit saat memasukkan sesuatu ke tenggorokan.

Ketika demam terjadi, maka tubuh akan kehilangan banyak cairan sehingga juga perlu diganti dengan cara meminum banyak air putih.

Untuk sementara waktu hindari untuk meminum jus buah karena akan menyebabkan produksi air liur dan rasa sakit pada kelenjar parotis bisa terjadi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *