Categories
Berita

Kolaborasi Perbankan dan Fintech Bakal Marak

Kehadiran industri teknologi finansial (fintech) tak lagi dianggap sebagai ancaman oleh perbankan ataupun lembaga keuangan konvensional lainnya. Kolaborasi di antara keduanya mulai banyak dilakukan untuk saling melengkapi layanan yang ada bagi masyarakat. Terbaru, pelaku fintech PT Digital Alpha Indonesia (Uang Teman) bekerja sama dengan J Trust Bank menyalurkan kredit mikro senilai Rp 15 miliar. “Kerja sama ini membuktikan bahwa kami bukan ancaman, dan kami bisa bekerja sama berdampingan,” ujar CEO Uang Teman, Aidil Zulkifli, di Jakarta kemarin.

Aidil mengatakan fintech dapat menjadi perpanjangan tangan dari perbankan untuk menyalurkan pinjaman yang selama ini belum terjangkau. Kerja sama itu akan dilakukan selama satu tahun dan berpeluang diperpanjang kembali jika performa penyaluran kredit berjalan baik. “Tahun ini kami menargetkan pertumbuhan penyaluran kredit bisa mencapai Rp 1 triliun,” kata dia.

Menurut dia, pertumbuhan penyaluran kredit Uang Teman setiap tahun bisa empat kali lipat. “Tingkat rasio kredit macet (NPL) kami juga terjaga pada level 3 persen.” Direktur Utama J Trust Bank, Ritsuo Ando, berujar, kerja sama yang dilakukan diproyeksikan akan berkontribusi cukup signifikan bagi pertumbuhan bisnis bank. “Kami melihat fintech sebagai masyarakat yang tergolong unbanked. Jadi kami pun tertarik bekerja sama,” ujar dia.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *