Categories
Parenting

Memahami Prosedur dan Tahapan Persalinan Sesar Bag3

Dalam waktu 24 jam setelah operasi, dimulai mobilisasi (mengubah posisi) secara bertahap. Pada proses ini sangat disarankan Mama dirawat gabung dengan bayi agar bisa menyusui sesering mungkin. 13. Tidak ada pembatasan dalam diet (pola makan) maupun mobilisasi. 14. Dalam waktu 48 jam, umumnya Mama dan bayi sudah diperbolehkan pulang.

Baca juga : Kerja di Jerman

Persalinan Sesar Tidak Terencana

Persalinan ini terjadi ketika proses melahirkan secara normal sudah berlangsung, tetapi karena sesuatu hal tidak dapat dilanjutkan. ‘ INDIKASI Beberapa indikasi yang membuat dokter memutuskan untuk segera mengganti metode persalinan adalah: ‘ Indikasi pada Ibu: U Timbul preeklamsia/eklamsia, yaitu komplikasi pada kehamilan yang ditandai dengan tekanan darah tinggi atau kerusakan organ. U Terjadi perdarahan yang menyebabkan ibu tidak sadarkan diri. U Terjadi robekan rahim yang mengancam keselamatan ibu. ‘ Indikasi pada Janin

Terjadi fetal distress (kondisi gawat janin). U Terjadi letak puncak. Posisi kepala janin saat di dalam panggul adalah menunduk, dengan dagu menempel pada dada, sehingga bagian terendah janin adalah daerah yang disebut “belakang kepala”. Namun, bila janin mendongak, maka bagian terendah janin adalah “puncak kepala”. Padahal untuk bisa lahir normal, bagian terendah haruslah belakang kepala (sub occipito) karena bagian inilah yang diameternya paling kecil. Kalau puncak kepala janin berada di bawah, maka ia akan sulit lahir normal.

Terjadi kemacetan persalinan meskipun kontraksi baik. U Tali pusat menumbung. U Bagian kecil janin menumbung, yakni tangankakitali pusat yang keluar lebih dahulu melalui jalan lahir. ‘ TAHAPAN Prosedur pelaksanaan tindakan sesar tidak terencana umumnya sama dengan yang terencana. Perbedaan utamanya adalah mamil tidak melakukan puasa karena sejak awal memang tidak diniatkan untuk operasi.

Meskipun sejak awal Mama berniat melahirkan secara normal, jangan kecewa ya Ma, bila akhirnya harus menjalani persalinan melalui bedah sesar. Bagaimanapun juga, tujuan utama dari proses persalinan adalah melahirkan bayi dengan selamat serta menjaga keselamatan Mama. Oleh karena itu, selama masa kehamilan, lakukan kunjungan ke dokter obgin sesuai anjuran untuk memeriksakan kehamilan dan mengetahui pilihan metode melahirkan yang paling sesuai.

Sumber : https://ausbildung.co.id/

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *